Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

3 Dipersiapkan untuk Memulai Usaha Percetakan Undangan

Memulai Usaha Percetakan Undangan

airaproduction.com – Usaha percetakan undangan memiliki prospek yang bagus jika dikelola dengan baik. Meski sekarang ini dikenal dengan era informasi yang dipermudah dengan adanya internet, permintaan berbagai jenis undangan seperti undangan pernikahan, undangan khitanan, dan undangan untuk ulang tahun masih tetap banyak.

Oleh karena itu, membuka jasa desain undangan terima pesanan undangan merupakan usaha yang patut dipertimbangkan. Selain dapat dikerjakan di rumah, usaha ini pada dasarnya hanya membutuhkan modal untuk membeli mesin-mesin digital offset printing yang ukuran dan harganya relatif lebih murah daripada mesin cetak sablon atau large format digital printing yang biasa digunakan untuk mencetak banner dan spanduk.

Persiapan Memulai Usaha Percetakan Undangan

Usaha Percetakan Undangan

Pada bulan-bulan tertentu, banyak pasangan siap menikah yang sibuk mencari jasa percetakan untuk mencetak undangan pernikahan mereka. Hal tersebut menjadikan usaha percetakan berupa undangan sebagai usaha yang menjanjikan jika diimbangi dengan pengelolaan yang baik karena selalu dibutuhkan. Setidaknya, terdapat 3 hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha di bidang percetakan undangan. Berikut ulasannya:

1. Peralatan Percetakan

Peralatan utama yang harus dipersiapkan dalam membuka usaha percetakan berupa undangan adalah mesin digital printing yang dapat mencetak gambar atau teks di berbagai jenis kertas. Di samping itu, diperlukan peralatan pendukung lainnya seperti mesin potong, mesin lipat, komputer atau laptop serta printer.

Komputer atau laptop digunakan untuk membuka file, mengedit desain agar sesuai dengan keinginan pemesan, serta mengirim atau menerima sample desain sebelum akhirnya naik cetak. Sedangkan printer sangat berguna untuk membuat contoh undangan sebagai dummy dengan mencetaknya pada kertas HVS biasa terlebih dahulu.

Pendukung lain yang termasuk penting untuk disiapkan di tempat jasa percetakan undangan adalah katalog undangan yang di dalamnya berisi contoh-contoh undangan dengan berbagai model, ukuran, warna, bahan, serta harga. Pastikan katalog yang akan diperlihatkan didesain dan diposisikan dengan baik agar pemesan yang datang tertarik untuk memesan salah satu model yang terdapat dalam katalog tersebut.

2. Desainer Grafis

Banyaknya model undangan yang diinginkan pemesan menjadi alasan mengapa usaha percetakan tersebut membutuhkan desainer grafis yang handal. Meski contoh undangan dapat ditemukan dengan mudah di internet, namun kehadiran desainer yang memiliki kreativitas tinggi mampu menjadi nilai tambah suatu jasa percetakan karena desain-desain yang dihasilkan dapat di-custom.

Jika Anda tidak ahli di bidang desain grafis, lebih baik Anda keluarkan uang tambahan untuk menggandeng seorang design id card terbaik yang tidak hanya hebat dalam memadukan warna dan objek-objek grafis, namun juga sabar dalam menghadapi permintaan pemesan. Hal tersebut dapat mendatangkan lebih banyak pemesan sehingga usaha yang Anda kelola menghasilkan income yang banyak pula.

3. Media Promosi

Usaha percetakan undangan yang dijalankan tanpa promosi tentu akan sulit berkembang karena tidak dikenal banyak orang. Anda bisa melakukan macam media promosi secara offline maupun online sehingga diharapkan semakin hari semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan usaha percetakan Anda.

Pasang banner di tempat-tempat ramai sehingga informasi mengenai usaha percetakan Anda dapat dengan mudah dibaca orang. Sebarkan pula brosur ketika ada event-event besar serta berikan kartu nama Anda kepada orang-orang yang sedang mencari jasa percetakan undangan.

Selain itu, manfaatkan media sosial dan website  untuk melakukan promosi secara online. Tambahkan informasi mengenai alamat dan nomor kontak Anda sehingga pemesan bisa memilih antara mendatangi langsung tempat usaha Anda atau melakukan negosiasi terlebih dahulu melalui kontak yang bersangkutan.

Please Share