Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Bukan Hanya Sablon, Ini 4 Bisnis Percetakan Yang Jarang Diketahui!

4 Bisnis Percetakan Yang Jarang Diketahui!

Memulai bisnis dengan membidik bisnis percetakan adalah salah satu ide yang tepat. Pasalnya bisnis percetakan tergolong bisnis yang ramah atas penggunaan modal awal. Makanya tidak heran kalau bisnis percetakan banyak digeluti meski dengan skala kecil sejenis rumahan.

Tidak hanya orang dewasa, bahkan para pelajar dan mahasiswa pun menjadikan bisnis percetakan sebagai usaha sampingan mereka dalam rangka belajar hidup mandiri.

Para mahasiswa banyak yang membuka jasa cetak mulai dari skala kecil seperti cetak tugas, foto dan sticker. Sampai skala besar seperti pamflet, banner dan spanduk. Mengingat hal-hal tersebut adalah kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, tentu bisnis percetakan ini tidak bisa dianggap main-main.

Jika digeluti dengan tekun, hasil yang akan didapatkan pun akan sangat memuaskan. Bahkan di negara-negara maju bisnis percetakan diakui dalam penyumbang devisa negara dengan jumlah yang besar.

4 Jenis Bisnis Percetakan, Prospeknya Sama-Sama Menjanjikan!

4 Bisnis Percetakan

Ketika berbicara tentang percetakan, mungkin selintas yang akan terbersit di pikiran kamu adalah banner, spanduk, kaos kampanye Pemilu dan sejenisnya. Ternyata bisnis percetakan bukan hanya sebatas itu saja loh.

Ternyata bisnis percetakan memiliki spesifikasi khusus bergantung media cetak seperti apa yang digunakannya. Bagi kamu yang penasaran memulai bisnis percetakan, yuk kenali beragam bisnis percetakan melalui ulasan berikut ini!

1. Cetak Sablon

Salah satu bisnis percetakan yang terkenal adalah cetak sablon. Bisnis percetakan satu ini dilakukan secara manual di atas screen yang kemudian diberi tinta. Media cetaknya bisa berupa kertas, kain dan plastik. Dikenal sebagai percetakaan dengan cara lama, ternyata sablon masih banyak peminatnya.

Meski dilakukan secara manual dengan tenaga manusia, cetak sablon sangat cocok digunakan untuk pesanan dalam jumlah banyak tanpa mengurangi kualitas cetakannya. Sablon banyak diminati untuk mencetak kaos pada saat kampanye Pemilihan Umum, kaos couple dan seragam kelompok serta desain tote bag.

2. Cetak Digital

Cetak digital atau digital printing adalah salah satu bisnis percetakan yang booming dan menjamur di berbagai tempat. Bahkan kini penjualannya sudah bisa dilakukan dengan merambah melalui jejaring internet saja. Cukup memilih atau memberikan desain kemudian tinggal menunggu pesanan datang.

Digital printing banyak dipilih untuk mencetak umbul-umbul, mug, spanduk, brosur, tali id card nama atau sticker merk dari brand tertentu. Bagi para konsumen yang hendak mencetak dalam jumlah relatif sedikit, digital printing bisa diandalkan dalam hal ini.

Sebab mereka menerima pesanan meski dalam jumlah yang sedikit. Sebaliknya, jika para konsumen hendak mencetak dalam jumlah yang besar, bisnis cetak digital atau digital printing bukan pilihan yang tepat.

3. Cetak Flexo

Kalau kamu pernah melihat bagaimana cara koran setiap hari diproduksi, maka kamu akan menemukan bayangan dari cetak flexo. Berbeda dari jenis percetakan lainnya, cetak flexo dilakukan dengan menggunakan mesin serta media cetak dalam bentuk rol.

Di samping itu tinta yang digunakan pada cetak jenis flexo ini tergolong lebih murah dibandingkan tinta lainnya sehingga cetak flexo bisa menghemat pemakaian bahan baku. Baik tinta maupun media cetaknya. Beberapa contoh penggunaan cetak flexo adalah koran, sticker serta karton kemasan atau kardus.

4. Cetak Rotogravure

Jenis percetakan yang satu ini masih belum banyak diketahui orang-orang, namun manfaatnya hampir tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, setiap kali kamu berbelanja ke swalayan A maka kamu akan mendapatkan plastik kemasan dengan logo swalayan tersebut. Nah, inilah salah satu contoh penggunaan cetak rotogravure.

Teknik cetak ini digunakan khusus untuk mencetak media berbahan dasar palstik. Rotogravure dibagi menjadi dua jenis yaitu cetak dengan tinta di permukaan plastik dan cetak dengan tinta berada di tengah-tengah dua jenis plastik yang berbeda.

Please Share