Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Berkunjung ke Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Jangan Lupa Beli Oleh-Oleh Ini Ya!  

Berkunjung ke Kalimantan Barat tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke ibu kota Pontianak karena kota ini sangat terkenal sebagai salah satu dari 13 kota unik di dunia yang posisinya tepat berada di garis ekuator atau di lintang 0 derajat.

Posisi unik tersebut membuat lokasi tugu Khatulistiwa memiliki satu fenomena alam unik yang terjadi setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, di mana saat terjadi kulminasi matahari yang sedang berada tepat di garis khatulistiwa alias berada tepat di atas kepala kita, maka semua bayangan, mulai bayangan tugu hingga benda di sekitarnya akan menghilang selama beberapasaat.

Mudah Dijangkau

Objek wisata Tugu Khatulistiwa sendiri sangat mudah dijangkau. Jaraknya hanya sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak, dengan berbagai moda transportasi yang bisa Anda pilih untuk membawa Anda ke sana. Meskipun biasanya dikunjungi pada siang hari, namun Anda boleh juga berkunjung di malam hari karena sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, tempat ini sangat indah dinikmati baik siang maupun malam hari.

Meskipun sudah ditemukan sejak tahun 1928, namun Tugu Khatulistiwa yang kita lihat saat ini baru diresmikan pada 21 September 1991. Sebelumnya tugu ini telah mengalami berbagai renovasi hingga bisa seperti kondisi saat ini. Bangunan tugu memiliki tinggi 4,4 meter dengan sokongan 4 kayu belian atau kayu besi khas Kalimantan dengan diameter tiap tonggaknya sebesar 0,3 meter.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pontianak

Berkunjung ke Pontianak dan mengunjungi Tugu Khatulistiwa tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh khas Pontianak. Selain berbagai souvenir unik, kuliner khas Pontianak juga wajib dijadikan buah tangan. Pontianak sangat kaya akan kuliner khas yang unik dan lezat, mulai dari yang manis hingga asin. Komoditas alam yang melimpah membuat masyarakat Pontianak menjadi kreatif dalam mengolahnya dan menjadikannya sebagai sumber pendapatan yang sangat menjanjikan.

Dan berikut oleh-oleh khas Pontianak yang recommended dan bisa Anda bawa sebagai buah tangan saat berkunjung ke kota ini :

1. Lempok Durian

 

Lempok Durian

Pontianak kaya dengan komoditas durian lokal dengan rasa khas yang manis dan legit. Selain dijual segar, durian juga diolah menjadi berbagai camilan khas, mulai dari dodol, brownies, gula juga lempok. Lempok durian banyak disukai karena rasanya yang masih kental dengan durian, bahkan mirip dengan rasa dan aroma durian asli.

2. Teh Lidah Buaya

 

Teh Lidah Buaya

Selain durian, komoditas lidah buaya di Pontianak juga melimpah. Anda dengan mudah bisa menjumpai berbagai olahan lidah buaya di kota ini. Jika sari lidah buaya, seperti jeli dan dodol lidah buaya sudah sering kita jumpai, maka ada olahan unik yang hanya bisa Anda jumpai di Pontianak, yakni teh lidah buaya dengan cita rasa unik dan nikmat. Selain teh, Anda juga bisa mencoba olahan lidah buaya unik lainnya seperti kerupuk dan coklat lidah buaya.

3. Juhi Bakar

 

3. Juhi Bakar

Bercitarasa pedas manis, olahan ini dibuat dari daging ikan sotong yang digiling dan dimasak dengan dibakar atau dipanggang. Meski teksturnya agak basah, namun makanan ini bisa tahan hingga 2 minggu tanpa pendingin sehingga cocok dibawa sebagai oleh-oleh khas Pontianak yang tahan lama.

4. Bingka Pontianak

 

Bingka Pontianak

Kue bingka atau bingke asal Pontianak disukai karena citarasa manis, legit dan lembut yang lezat. Ada 2 macam kue bingka yang ada di Pontianak, yakni bingke biasa yang dipanggang dan bingka berendam yang dikukus. Keduanya sama enak, manis dan lembut. Kue bingka tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti keju, coklat, pandan hingga nangka.

5. Kerupuk Amplang

 

5. Kerupuk Amplang

Kerupuk amplang merupakan salah satu oleh-oleh khas Pontianak yang sangat favorit dibeli wisatawan saat berkunjung ke Pontianak karena tahan lama. Meskipun bisa dibuat dari berbagai jenis ikan, namun yang paling terkenal dan disukai adalah amplang tenggiri karena rasa dan aromanya yang sangat khas dan lezat.

Bila anda dan keluarga ingin berwisata ke pontianak dan ingin mampir ketempat tempat makanan khas pontianak seperti yang ada diatas untuk dijadikan oleh, anda bisa sewa bus jakarta sewabispariwisata.co.id .

Please Share