Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Cara Mencetak Kartu ID Card Sendiri

Mencetak ID Card sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita mengetahui prosesnya dan perlengkapan yang digunakan. Biasanya ID Card digunakan untuk para pegawai di kantor, sekolah atau perguruan tinggi. Memang ini akan menjadi tantangan buat Anda yang ingin mencetak kartu ID Card tanpa harus memberikan pekerjaan ini kepada orang lain.

Seperti yang kita ketahui bahwa biaya mencetak kartu identitas ini diluaran sana sudah sangat mahal dan kurang terkontrol. Apalagi bila terjadi kesalahan kecil yang tidak kita ketahui. Berbeda halnya dengan mencetak sendiri, Anda dapat mengendalikan secara langsung untuk prosesnya, mulai dari tampilan hingga tata letak.

Sedangkan untuk mencetak kartu identitas ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan agar sesuai dengan keinginan kita.

1. Printer Kartu atau ID card Printer

Printer-Kartu
Printer kartu sebenarnya hampir sama fungsinya seperti printer biasa. Cara proses pemasangannya pun sama yaitu menginstal driver, koneksikan kabel data ke PC dan siap mencetak ID card. Ada berbagai merek yang digunakan di pasaran seperti Zebra, Fargo, Datacard, Evolis, Nisca, Hiti dan sebagainya. Masing-masing merek juga ada kelebihan dan kekurangannya terutama pada fitur yang disediakan.

2. Ribbon

printer ribbons

Printer kertas membutuhkan tinta atau ink cartridge atau toner. Demikian juga dengan printer kartu yang membutuhkan Ribbon. Ribbon ini memang sengaja dibuat khusus untuk mencetak pada permukaan kartu pvc dan akan menempel dengan kuat. Sehingga dalam hasil cetakan nanti akan terlihat seperti kartu yang berkualitas dan profesional.

3. Kartu PVC

kartu-plastik-pvc
Untuk mencetak ID Card dibutuhkan kartu PVC atau kartu plastik. Anda bisa membelinya sesuai dengan keinginan karena kartu ini memiliki model, warna dan kualitas. Memang kartu ini merupakan bagian terpenting dalam pembuatan kartu identitas namun tidak harus dengan PVC. Ada juga yang menggunakan kartu hologram untuk mempermudah dan mempercantik tampilan dari ID Card.

4. Laminasi

mesin laminasiLaminasi adalah sebuah teknik melapisi dengan bahan tertentu demi menciptakan corak yang lebih elegan dan eksklusif. Manfaat untuk kartu adalah untuk melindungi kartu bila dipakai setiap hari. Ada berbagai cara laminasi namun cara yang termudah adalah membeli laminasi yang seperti kantung agar dapat terlindungi dan membuat tahan lama.

5. Cleaning Kit

cleaning kit
Agar printer dapat bekerja secara baik dan tahan lama, maka lakukanlah perawatan yang rutin dengan membeli cleaning kit untuk menjaga kinerja optimalnya.

Itulah perlengkapan yang harus Anda sediakan bila harus mencetak kartu ID Card sendiri. Keuntungan mencetak sendiri dibandingkan harus mencetak ke orang lain adalah :

– Biaya per kartu lebih murah
– Tidak ada batas waktu jika anda membutuhkan kartu dalam jumlah sedikit
– Anda dapat merubah desain kapanpun yang anda mau
– Anda tidak harus menunggu 2-6 minggu untuk menerima kartu yang telah tercetak (jika menggunakan jasa orang lain)
– Anda bisa melakukan pengendalian kualitas dan dengan cepat dapat mengkoreksi kesalahan kartu
– Anda dapat mengawasi jalannya proses cetak kartu.

Hal lain ketika Anda sudah bisa mencetak kartu identitas sendiri adalah dengan menyiapkan tali lanyard sebagai aksesoris utama yang berguna untuk menjaga kartu ID Card Anda agar tidak hilang dengan cara menggantungkannya di leher.

Tali lanyard atau Tali ID Card merupakan salah satu aksesoris yang sering digunakan dimana saja, baik itu di kantor maupun di sekolah-sekolah. Selain bisa dijadikan alat promosi dengan menggunakan nama perusahaan atau nama brand, tali lanyard juga bisa dijadikan gantungan kunci dan identitas si pemakai. Anda bisa mencari jasa pembuatan tali lanyard yang murah dan profesional seperti di www.tali-lanyard.com.

Please Share