Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Cara Merawat Tali Id Card

Perkembangan zaman yang semakin pesat dan pertumbuhan penduduk yang semakin banyak membuat tiap orang perlu mengenali identitas satu sama lain. Tujuannya agar mempermudah dalam suatu pekerjaan yang sedang dilakukan. Kini, telah hadir id card yang berfungsi sebagai tanda pengenal satu orang dengan yang lainnya.

Cara Merawat Tali Id Card

Id Card atau kartu identitas merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu kelompok ataupun kepanitiaan dalam suatu acara. Fungsinya agar seseorang bisa mengenali orang dan jabatannya serta mempermudah berlangsungnya suatu pekerjaan. Biasanya, id card harus terpampang jelas pada tubuh yang mudah terlihat orang lain, agar dirinya mampu dikenali dengan baik. untuk mempermudah, terkadang id card ditempelkan menggunakan alat pemasang khusus seperti peniti atau yang banyak diterapkan yakni digantungkan di leher menggunakan tali. Namun terkadang, tali id card mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.

Cara Mudah Merawat Tali Id Card

Ada banyak cara merawat tali id card yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Caranya ialah:

1. Menyimpannya dalam Tempat yang Aman

Untuk proses penyimpanan setelah digunakan, ada baiknya simpan pada tempat yang jauh dari debu dan kotoran yang biasanya menempel. Contohnya di dalam lemari ataupun di laci. Hal tersebut agar kondisi tali tetap aman. Selain itu, usahakan tangan anda tidak kotor, berdebu ataupun berminyak ketika memegang tali untuk menghindari tali dari kerusakan akibat banyak kotoran yang menempel.

2. Menyetrika Jika Kusut

Terkadang, tali id card bisa saja kusut akibat terlipat ataupun terkena kendala apapun. Cara merawat tali id card yang kusut yakni anda bisa mengatasinya dengan menyetrika pada bagian tali yang kusut agar telihat rapi kembali. Usahakan agar anda tetap menjaga kondisi suhu setrika pada kondisi rendah atau tidak terlalu panas. Perlu diketahui bahwa suhu yang terlalu panas pada setrika dapat merusak komponen bahan yang terdapat pada tali. Anda bisa melapisi tali dengan kain, agar setrika tidak bersentuhan langsung dengan tali.

3. Mencuci Tali yang Kotor

Jika tali id card terlihat kusam akibat debu yang menempel terlalu banyak, ada baiknya anda mencuci tali tersebut. Usahakan cara ini dilakukan pada tali yang dirasa sudah benar-benar kotor. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Rendam dengan Air Hangat

Dikarenakan komponen dari tali id card terbuat dari serat-serat kain, maka merendam dengan air hangat merupakan solusi terbaik untuk membuka pori-pori kain, serta mengangkat noda kotoran yang susah untuk dibersihkan.

  • Hindari Penggunaan Detergen

Kandungan detergen yang sangat kuat, tidak tahan untuk komponen bahan yang ada pada tali. Selain itu, busa yang berlebih dihasilkan oleh sabun detergen akan merusak komponen warna yang ada pada tali sehingga tidak baik untuk digunakan.

  • Menggunakan Shampo

Cara merawat tali untuk id card yang baik adalah menggunakan shampo atau sabun mandi jika dirasa tali id card sangat kotor. Kandungan pada shampo atau sabun mandi yang tidak terlalu keras, sangat cocok pada komponen yang ada pada tali, sehingga aman untuk digunakan. Usahakan agar tidak mengucek tali terlalu keras.

  • Menjemur di Tempat yang Teduh

Terakhir yaitu, anda bisa menjemurnya di tempat yang teduh agar menghindari warna pada tali memudar akibat terkena sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa cara untuk merawat tali id card. Hal yang terpenting adalah, pastikan merawat secara rutin dan konsisten agar hasilnya bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Please Share