Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Dua Jenis Rangka Ini Mampu Menahan Gedung Ratusan Lantai

Rangka tiang dalam membuat sebuah gedung tentulah menjadi hal yang paling krusial di antara semua struktur walapun dengan tidak mengenyampingkan yang lain. Dalam membuat tiang rangka gedung haruslah menggunakan material yang kuat agar gedung menjadi kokoh bahkan anti gempa sekalipun.

Gedung merupakan bangunan yang tinggi, umumnya di atas dua atau tiga lantai. Gedung biasanya digunakan untuk tempat umum seperti lembaga pendidikan, pemerintahan, bahkan pusat perbelanjaan yang sering dimasuki banyak orang. Dengan kapasitas orang masuk cukup banyak, maka gedung haruslah dibuat sekuat mungkin agar tidak mudah roboh. Salah satu penguat gedung adalah material rangkanya yang terbuat dari beton dan baja yang cara pemasangannya telah disesuaikan dengan ukuran dan bentuk sesuai perencanaan dengan menggunakan bar cutter dan bender di mana distributor jual bar cutter dan bar bender tersedia banyak di pasaran sebab alat ini menjadi kebutuhan pokok bagi kontraktor.

Jenis Rangka Gedung

Rangka untuk gedung terbagi ke dalam dua jenis yaitu rangka beton bertulang dan baja. Berikut pemaparannya:

1. Rangka beton bertulang

Rangka beton bertulang memiliki banyak keunggulan dan sudah sangat populer menjadi material dalam pembuatan rangka gedung. Keunggulan beton bertulang berupa: mampu menahan beban yang sangat tinggi, awet, tahan api dan mudah dibentuk sesuai kebutuhannya.

Walaupun seperti itu, pengontrolan akan kualitas beton dilakukan sangatlah ketat. Hal ini dikarenakan kualitas kekuatan beton terkadang variatif tergantung bahan dan cara pengerjannya.

Oleh karena itu, jika gedung yang akan dibuat adalah gedung yang benar-benar harus memiliki kekuatan, maka biasanya dilakukan uji kekuatan terlebih dahulu terhadap beton agar tidak salah pilih.

2. Rangka baja

Rangka baja terdiri dari balok induk, anak dan kolom baja struktural. Karena sulitnya dipotong, rangka baja biasanya dipotong, dilubangi dan dibentuk di pabrik agar lebih spesifik dan sesuai desain sehingga hasilnya pun cenderung sesuai ukuran dan cepat. Namun jika ternyata ada sebagian kecil yang dianggap tidak pas maka pekerja kontraktor dapat memotongnya manual menggunakan bar cutter. Bar cutter mudah didapatkan dengan cara menyewanya atau membelinya di tempat jual bar cutter murah.

Rangka baja memiliki keunggulan tahan api dan tahan angin, namun tentu saja membutuhkan material pendukung seperti pelapis anti api, dinding geser, dan pengkaku diagonal atau rangka kaku.

Please Share