Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Era Digital 4.0 Turut Bergejolak Di Industri Printing

Era Digital 4.0 Turut Bergejolak

Babak baru industri era digital memang telah cukup banyak mewabahi berbagai kalangan Industri. Lima tahun terakhir ini memang sedang maraknya industri era digital 4.0.

Bagi anda yang belum mengenal apa itu istilah Industri era digital 4.0, berikut akan kita bahas tuntas. Industri era digital 4.0 merupakan industri yang menghubungkan teknologi otomatisasi dengan cyber atau digitalisasi dalam segala aspeknya.

Era ini memungkinkan berbagai manufaktur  seperti 3D printing dapat terhubung secara digital. Keterhubungan secara digital ini diharapkan akan mampu mempercepat pertumbuhan industri karena cara kerjanya yang lebih efisien. Berbagai bidang industri sudah mengalami dampak dari canggihnya era 4.0 ini. Dikutip dari Viva.co.id bahwa saat ini industri robotik, digital printing dan beberapa industri lainnya sudah memenuhi standar era 4.0.

Bagaimana trend Industri Digital Printing di Dunia dan Indonesia?

Era Digital 4.0 Turut Bergejolak di Industri Printing

Hampir seluruh negara di dunia berlomba-lomba dalam mengoptimalkan sistem perindustrian di era ini. International Data Corporation (IDC) telah melaporkan bahwa industri percetakan dan penerbitan dunia berkembang pesat sebanyak 12 persen pada tahun 2017 di kawasan Asia Pasifik.

Pada tahun 2020 Industri percetakan dan penerbitan di seluruh dunia mengalami pertumbuhan hingga US$ 47, 2 miliar. Angka ini diklaim cukup tinggi dan sangat berperan besar dalam industri percetakan.

Industri percetakan berbasis digital printing seperti di tali-lanyard.com nampaknya memang sangat berpengaruh besar pada industri lainnya seperti penerbitan, packaging, dan advertising. Bukti nyatanya ialah pertumbuhan industri penerbitan di Indonesia mencapai 14,9 persen dan industri packaging sebesar 13,2 persen serta industri advertising melaju hingga 12, 1 persen.

Kemajuan indusri tersebut tidak luput dari peran pelaku bisnis yang terus mengembangkan produk mereka hingga memenuhi kebutuhan era digital 4.0. Beberapa perusahaan seperti PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) menyajikan layanan digital yang tergabung dalam tiga lini bisnis yakni AXIQoe.com, Xprins Web Servises (XWS) dan Layanan Gerak Xpress.

Bersumber dari Tribunnews.com yang melaporkan bahwa setidaknya terdapat lima teknologi utama yang mendukung sistem industri 4.0 ini antara lain: Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Human Machine Interface, teknologi 3D printing serta teknologi robotik dan sensor. Keseluruhan teknologi ini disinergikan untuk memenui kebutuhan berbagai macam industri.

Dampak era industri 4.0 ini dinilai berpotensi meningkatkan niai tambah pendapatan nasional sebesar US$ 150 miliar pada tahun 2025. Kebutuhan tenaga kerja profesional dalam bidang teknologi juga diperkirakan akan meningkat hingga 17 juta orang.

Berhubungan dengan hal tersebut Inspira Academy membuat program edukasi dan penyerapan teknologi di bidang pendidikan dan profesional. Pada program tersebut peserta akan dibekali pendidikan desain serta cetak 3D gratis dan juga akan mendapatkan 3D printer dengan harga subsidi.

Hal ini akan semakin menantang dengan adanya target pemerintah yang mnargetkan Indonesia menjadi negara digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020 ini.

Era Industri digital printing di Indonesia ini diharapkan akan mmemudahkan berbagai pelaku usaha bisnis sebagai penunjang pengembangan usaha. Terlebih jika sarana dan prasarana teknologi informasi sudah memasuki wilayah terpencil.

Hal penting lainnya juga yang tak kalah penting ialah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang available untuk mendukung era Industri 4.0 ini.

Sinergi dan kesiapan memang menjadi faktor yang harus ditunjang agar industri era 4.0 khususnya digital printing mampu berkembang dan memiliki daya saing tinggi baik skala nasional maupun internasional.

 

Please Share