Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Ini 5 Jenis Usaha Percetakan yang Menguntungkan

5 Jenis Usaha Percetakan

Akhir-akhir ini usaha percetakan memasuki masa keemasannya. Hal ini terbukti dari pesatnya pertumbuhan usaha percetakan yang makin menjamur, bahkan hingga di pelosok-pelosok daerah.

Tentu saja perkembangan itu sangat dipengaruhi oleh banyaknya masyarakat yang mengadakan berbagai acara, kebutuhan percetakan organisasi, dan meningkatnya kebutuhan properti cetak dari perkantoran.

Nah, kalau kamu melihat fenomena tersebut sebagai peluang untuk membuka usaha percetakan, maka kamu perlu tahu terlebih dahulu beberapa jenis percetakan di tali-lanyard.com yang menguntungkan.

5 Jenis Usaha Percetakan Ini Pasti Menguntungkan

Usaha Percetakan

Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus paham dulu tentang detail usaha yang akan dia buka. Termasuk jika kamu ingin membuka usaha percetakan. Setidaknya kamu perlu tahu bahwa ada 5 jenis usaha percetakan yang saat ini pasti menguntungkan. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Digital Printing

Jenis percetakan yang satu ini menggunakan teknologi digital dalam prosesnya. Kelebihan dari jenis percetakan digital adalah kemampuannya untuk tetap melayani pesanan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Beberapa item yang bisa dicetak misalnya spanduk, umbul-umbul, mug, dan lain sebagainya. Saat ini perkembangan digital printing sangat bagus.

Ya meskipun cukup kompetitif juga. Oleh karena itu, kamu harus jeli melihat peluang dan menganalisa kompetitor saat memutuskan untuk membuka usaha di bidang percetakan digital.

2. Offset Printing

Lain halnya dengan digital printing yang mampu melayani pesanan dalam jumlah sedikit, offset printing justru sebaliknya. Percetakan jenis ini lebih banyak menggunakan bahan baku kertas.

Dan sekali cetak sangat disarankan dalam jumlah yang banyak sekalian. Misalnya mau cetak kop surat, buku, majalah, brosur, dan lain-lain harus dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak yang dicetak, maka harga yang ditawarkan bisa jauh lebih murah. Itulah kelebihan dari offset printing ini.

3. Rotogravure

Percetakan jenis rotogravure memang tidak sepopuler digital atau offset printing. Tapi itu bukan berarti percetakan ini menjadi lesu di pasaran. Perbedaan dari dua jenis percetakan sebelumnya adalah rotogravure dikhususkan untuk mencetak bahan plastik.

Ada dua tipe yang bisa dilayani oleh percetakan ini, yaitu, pertama mencetak tinta di atas plastik atau, kedua, mencetak tinta di antara dua plastik. Coba kamu perhatikan kemasan mie instan. Nah, kemasannya itu menggunakan percetakan rotogravure.

4. Sablon

Pasti jenis percetakan yang satu ini tidak asing dikenal oleh masyarakat. Biasanya kalau mau cetak kaos, kamu datang ke tukang sablon. Tapi bukan cuma kaos doang kok yang bisa dilayani.

Percetakan ini juga dapat mencetak bahan kertas dan plastik. Dan yang unik adalah sablon lebih banyak menggunakan tenaga manusia dibandingkan mesin. Meskipun belakangan ini teknologi untuk menggantikan tenaga manusia di percetakan sablon sedang dikembangkan.

5. Flexo

Percetakan flexo dikhususkan untuk mencetak bahan yang berbentuk roll atau gulungan. Berbeda dengan jenis percetakan lain yang menggunakan bahan lembaran.

Biasanya percetakan flexo lebih sering digunakan untuk cetak koran, kemasan kardus produk, atau stiker. Intinya, bahan yang akan dicetak dengan percetakan flexo harus dalam bentuk gulungan.

Kelebihan dari jenis percetakan flexo adalah tingkat efisiensi penggunaan tinta dan bahan baku, sehingga harga akhir hasil cetaknya bisa jauh lebih murah.

Itulah 5 jenis percetakan yang bisa kamu jadikan sebagai bisnis yang sangat menguntungkan. Kalau dilihat dari peluangnya sih usaha ini sangat bagus buat pertumbuhan bisnis kamu. Selamat mencoba!

Please Share