Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Jaga Kerapian Berkas Kantor dengan Cara Praktis Berikut Ini

Kerapian berkas kantor menjadi suatu hal yang penting untuk dijaga. Ini untuk memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan berkas-berkas tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga berkas kantor.

Beberapa cara ini akan dijelaskan lebih lanjut melalui ulasan di bawah ini. Penasaran apa saja caranya? Simak selengkapnya ya.

Cara Menjaga Kerapian Berkas Kantor

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kerapian berkas kantor. Berbagai cara tersebut dijamin ampuh untuk membuat berkas menjadi lebih rapi serta mudah dicari. Inilah beberapa cara-cara yang ada.

1. Mulai Dari Merapikan Meja

Hal yang pertama dapat dilakukan untuk membuat berkas menjadi rapi adalah dengan mulai merapikan meja kantor. Ini menjadi cara pertama sekaligus yang paling penting. Pastikan jika semua berkas serta peralatan yang tertumpuk di atas meja dibereskan dengan baik.

Meja kerja yang berantakan hanya akan membuat kegiatan menata berkas menjadi lebih susah. Apalagi kalau banyak berkas yang menumpuk jadi satu di meja. Untuk itu sebaiknya lebih dahulu bersihkan meja dari berkas serta barang-barang lain yang menumpuk.

2. Siapkan Tempat Berkas Tersendiri

Untuk menjaga agar berkas-berkas tetap rapi, jangan lupa untuk menyiapkan tempat berkas sendiri. Ini penting agar antar berkas tidak tercampur satu sama lain. Jika memang ruang kerja cukup, tak ada salahnya untuk menyisipkan meja khusus berkas yang khusus memuat berkas saja.

Kalau berkas yang ternyata harus disimpan cukup banyak, sebaiknya pertimbangkan juga bahan meja kantor. Pastikan jika bahan meja tersebut kuat untuk menampung banyak berkas. Lalu bagaimana jika ternyata ruangan tidak memadai? Sebaiknya mulai pisahkan berkas yang dirasa tidak perlu dengan yang perlu untuk lebih menghemat tempat.

Nantinya bekas yang perlu digunakan dapat tetap diletakkan di kantor. Sedang berkas yang tidak perlu sebaiknya dibuang atau dapat juga diletakkan di tempat lain seperti gudang kantor. Hanya saja harus dipastikan jika berkas yang ‘dibuang’ tersebut benar-benar berkas yang tidak penting ya.

3. Berikan Label Antar Berkas

Selanjutnya agar memudahkan pencarian berkas serta penyusunan berkas baru sebaiknya terapkan label antar ‘tema’ berkas. Misalkan berkas untuk laporan keuangan bulan Mei dan bulan-bulan lainnya sebaiknya dipisahkan dengan label menurut bulan.

Tak hanya melakukan pemisahan menurut bulan, namun pemisahan juga dapat dilakukan menurut dengan skala prioritas antara yang penting dan tidak penting. Untuk berkas penting dan mendesak dikerjakan sebaiknya letakkan di atas meja, ini guna memudahkan pencarian ketika berkas tersebut harus digunakan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kerapian berkas kantor. Mulai dari merapikan berkas di meja sampai dengan menyusun sesuai label. Dapat dikatakan meja menjadi komponen penting dalam menjaga kerapian berkas kantor.

Untuk itu pastikan jika meja yang dipilih adalah meja yang tepat dan sesuai kebutuhan. Misalkan meja yang memiliki banyak laci yang dapat digunakan untuk masing-masing berkas. Selain itu jangan lupa untuk memilih bahan meja kantor yang kuat jika memang ada banyak berkas kantor yang harus diletakkan di meja tersebut.

Please Share