Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Inilah Jenis-jenis Usaha Percetakan Yang Perlu Kamu Tahu!

jenis Usaha Percetakan

Jasawebinstan.com – Dunia industri percetakan memang seolah tak pernah ada habisnya untuk mengembangkan beragam metode demi mencapai hasil terbaik. Industri pada bidang ini termasuk ke dalam industri yang cukup ramai dan menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian orang. Dengan kondisi yang seperti itu, banyak orang yang kemudian memutuskan untuk membuka usaha percetakan. Bukan hal yang mudah untuk berkecimpung pada bisnis ini. Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum mencoba untuk mengembangkannya. Salah satunya adalah memahami terlebih dahulu mengenai jenis-jenis percetakan. Apakah anda sudah tahu apa saja jenisnya?, Lalu apakah sekarang anda merasa penasaran? mari kita bahas ragam jenis percetakan berikut ini!.

Empat Jenis Percetakan Yang Perlu Kamu Ketahui!

jenis Usaha Percetakan

Cetak Sablon

Jenis percetakan sederhana yang pertama adalah cetak sablon. Percetakan jenis ini merupakan salah satu yang proses cetaknya menggunakan peralatan sederhana berupa screen (layar) dengan bentuk persegi yang umumnya terbuat dari bahan kain nilon atau sutra serta memiliki tingkat kerapatan serat yang tinggi. Sisi pinggir pada layar ini biasanya dijepit dengan kayu membentuk sebuah frame atau figura. Layar ini kemudian akan dilapisi sebuah pola desain yang hendak dibuat. Pola ini biasanya menggunakan media kertas hvs ataupun kalkir. Setelah itu, sebuah cat khusus akan dituangkan dan kemudian hasil cetakan akan terbuat mengikuti bentuk pola. Perlu diperhatikan bahwa kainpada layar ini harus direntangkan secara kuat. Setelah disinari, pola yang dicetak akan terlihat. Produk untuk jenis percetakan ini biasanya berupa kaos, celana dan lainnya.

Cetak Emboss dan cetak deboss

Jika anda pernah melihat hasil cetakan yang berbentuk huruf timbul, maka itulah yang dinamakan dengan percetakan emboss. Sedangkan untuk percetakan deboss adalah jenis percetakan yang sebaliknya atau huruf terlihat tenggelam. Keduanya memiliki proses cetak yang sama, yaitu dengan cetakan logam yang menghasilkan proses cukil atau etsa. Perbedaan dari keduanya hanyalah logam pada emboss dibuat menonjol sedangkan logam pada deboss adalah berbentuk cekung ke dalam. Hasil akhir pada percetakan ini biasanya akan membuatnya terlihat timbul sehingga nampak lebih istimewa. Jenis percetakan ini biasanya digunakan pada cover buku atau majalah, kartu kredit, tali id card, ijazah, undangan, gelang karet dan lainnya.

Cetak Offset

Apakah anda pernah mendengar sebelumnya mengenai jenis percetakan offset?. Percetakan ini adalah salah satu teknik cetak yang menggunakan metode modern dimana sebuah citra (gambar) bertinta ditransfer atau dikirim terlebih dahulu dari sebuah plat lalu kemudian dilanjutkan menuju lembaran karet. Setelah itu gambar tersebut akan diaplikasikan pada permukaan bahan yang menyala sebelum kemudian membentuk sebuah cetakan pada kertas yang menggulung.

Pencetakan Digital

Jenis percetakan yang terakhir adalah percetakan digital atau yang biasa kita kenal dengan digital printing. Cara yang satu ini termasuk cara yang sangat modern dan menjadi pilihan terbaik pada saat ini karena prosesnya yang mudah dan cepat. Percetakan digital merupakan bentuk metamorfosis teknik cetak yang semula konvensional menjadi digital. Prosesnya cukup singkat, yaitu hanya dengan mentransfer file yang akan dicetak menuju mesin yang otomatis akan memprosesnya menjadi gambar yang diinginkan.

Itu tadi beberapa jenis-jenis percetakan dari yang masih konvensional maupun yang sudah modern. Perubahan proses cetak ini berkembang seiring dengan tingginya tingkat kebutuhan pada industri percetakan ini. Bagi anda yang ingin membuka usaha dalam bidang tersebut, sudahkah anda menentukan jenis percetakan apa yang akan anda pilih?.

Please Share