Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Melihat Unik dan Beragamnya Adat Budaya di Jambi

Jambi merupakan satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Beribukota di Jambi, provinsi ini berdekatan dengan Sumatera Selatan. Jambi merupakan pusat kebudayaan pada masanya. Jauh sebelum ini, di Jambi terdapat dua kerajaan besar yaitu Kerajaan Melayu dan Jambi.

Sebagai buktinya, ada beberapa tempat yang berupa situs sejarah, di antaranya ada situs Karang Berahi, makam raja-raja, stupa Buddha, serta candi Muaro Jambi. Sebelum kerajaan di Jambi berdiri, wilayah Jambi sudah dihuni oleh manusia prasejarah atau manusia purba. Nah, untuk lebih lengkapnya, yuk lihat budaya Jambi secara keseluruhan.

Caranya Jika Ingin Pergi ke Jambi

Mendengar keunikan di atas, pasti terbesit keinginan untuk mengunjungi provinsi kecil ini, bukan? Tenang saja, tak perlu khawatir kok. Jika kamu berada di luar Pulau Sumatera, ke Jambi bisa menggunakan pesawat atau jasa sewa bus pariwisata Jakarta, semisal kamu berasal dari Ibu Kota. Jika kamu berasal dari Kalimantan atau pulau lain, maka lebih disarankan memakai transportasi udara, karena lebih efektif dan cepat sampainya.

Bahasa, Budaya, Serta Uniknya Adat yang Ada di Jambi

 

Bahasa, Budaya, Serta Uniknya Adat yang Ada di Jambi

Orang-orang yang bermukim di Jambi menggunakan bahasa Melayu. Bahasa ini tak jauh beda dengan dialek bahasa orang Palembang. Ada beberapa dialek yang sering diucapkan oleh orang Jambi, di antaranya dialek Melayu Jambi, Suku Anak Dalam, dialek Kerinci, dialek Suku Pindah, dialek orang Batin, dialek Bajau, serta Dialek orang-orang Penghulu. Meskipun ada sedikit berbeda pelafalan, namun bahasa tersebut berasal dari satu rumpun bahasa yang sama. Unik kan?

Suku Kubu yang Terkenal di Jambi

 

Suku Kubu yang Terkenal di Jambi

Nah, layaknya orang-orang pegunungan di Papua, Jambi juga mempunyai suku asli atau orang-orang yang tinggal di pedalaman. Mereka sering menyebutnya dengan sebutan Anak Dalam atau juga bisa Suku Kubu. Suku ini masih hidup secara tradisional dan mengandalkan alam, air, tumbuh-tumbuhan, dan apapun yang bisa dimanfaatkan di dalam hutan.

Indonesia itu memang indah. Sayang banget kalau misalnya kamu hanya duduk dan berdiam diri saja di kamar, tanpa ke mana-mana. Sekarang, kemudahan semua sudah ada, tak ada kendaraan kamu bisa memakai jasa sewa bus pariwisata di Jakarta, Bandung, Jogja, serta jasa-jasa bus lain yang ada di berbagai daerah. Kalau misal punya budget lebih, kamu bisa banget memakai pesawat.

Please Share