Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Perhitungkan Biaya Jasa Arsitek dan Kontraktor Dalam Membangun Hunian Impian

Jasawebinstan – Dalam merencanakan pembangunan sebuah rumah atau bangunan lainya tentu persiapan yang dibutuhkan tidak bisa dibilang mudah. Anda yang berkeinginan membangun sebuah bangunan harus bisa merencanakan dan memilah-milah hal yang harus dipersiapkan mulai dari desain bangunan hingga bahan serta jasa kontraktor yang terbaik.

Pemilihan ini tentu saja dengan tujuan bangunan/rumah yang akan didirikan sesuai dengan keinginan anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan biaya jasa arsitek dan kontraktor yang bisa anda pertimbangkan dalam merencanakan pembangunan. Salah satu alasan mengapa biaya jasa aristek dan kontraktor perlu menjadi perhatian adalah karena anda tidak bisa membangun rumah anda sendiri kecuali anda memiliki bantuan dari para jin yang membantu Bandung Bondowoso membangun Candi Prambanan.

Berapa Biaya Jasa Arsitek dan Kontraktor yang harus disiapkan?

Dalam mempertimbangkan biaya jasa arsitek dan kontraktor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu dengan cara apa biaya jasa arsitek dihitung. Secara umum pehitungan jasa arsitek dibagi menjadi dua cara yaitu dengan menghitung sesuai dengan ukuran bangunan yang akan dibuat per m2 atau berdasarkan presentase biaya konstruksi atau RAB (Rencana Anggaran Biaya). Kedua cara atau metode ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

Jika anda melakukan pembayaran jasa arsitek melalui metode pembayaran sesuai dengan ukuran bangunan yang akan dibuat maka hal yang harus diperhatikan adalah kualitas dari aristek tersebut karena tarif aristek tentu berbeda-beda sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki. Keuntungan yang bisa anda ambil dari penggunaan metode ini adalah harga jasa arsitek ini tidak akan berubah meskipun pada saat pembangunan ada tambahan biaya pembangunan.

Konten menarik lainnya: Arti Simbol Dilarang Merokok yang Mulai Dilupakan

Perhitungan kedua yang bisa anda gunakan adalah pembayaran jasa arsitek berdasarkan presentase biaya konstruksi atau RAB (Rencana Anggaran Biaya). Dalam metode ini besaran presentase yang harus dibayarkan sudah diatur oleh IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) sebagai acuan. Kelebihan dari penggunaan metode ini adalah pemilik proyek hanya harus membayar sesuai dengan RAB. Hal yang harus anda perhatikan jika menggunakan metode ini adalah kemungkinan biaya yang membengkak dalam proses pembangunan. Berikut adalah tabel honorarium jasa arsitek yang diatur oleh IAI.

Biaya Jasa Arsitek dan Kontraktor

Keterangan :

  • Bangunan Khusus : Bangunan Pemerintah
  • Bangunan Sosial : Bangunan Non Komersil
  • Bangunan Kategori 1 : Karakter sederhana, kompleksitas dan tingkat kesulitan rendah
  • Bangunan Kategori 2 : Karakter,Kompleksitas dan tingkat kesulitan rata-rata
  • Bangunan Kategori 3 : Karakter khusus, kompleksitas dan tingkat kesulitan tinggi.

Setelah menentukan cara pembayaran jasa aristek maka yang harus menjadi perhatian selanjutnya adalah pemilihan dan perhitungan jasa kontraktor. Untuk pembayaran jasa kontraktor biasanya sebesar 10% dari RAB. Keuntungan menggunakan jasa kontraktor ini adalah biasanya sudah ada arsitek in house yang bisa mengawasi proyek dan jika kesepakatan antara pemilik proyek dan jasa kontraktor sepakat untuk membebaskan biaya desain.

Please Share