Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Seren Taun, Upacara Adat Sunda yang Dilirik Wisatawan Asing

Upacara Adat Sunda

Jasa Web Instan – Sunda merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali budaya dan adat istiadat di dalamnya. Banyak sekali pertunjukkan budaya dan adat Sunda yang menarik untuk dilihat baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Salah satu bentuk adat yang sudah mendunia tersebut ialah Upacara Seren Taun. Seren Taun merupakan upacara adat yang digelar ketika musim panen tiba oleh masyarakat sunda. Konon uppacara adat ini sudah dilakukan sejak zaman kerajaan Pajajaran sehingga, upacara ini begitu sakral dan sangat dihormati oleh masyarakat sunda. Upacara ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur mereka terhadap apa yang diberikan oleh Tuhan berupa kenikmatan dari hasil panen mereka. Jika Anda ingin melihat upacara ini, maka Anda harus mempersiapkan diri dan memastikan kapan upacara ini diadakan karena begitu banyak orang berkumpul untuk menyaksikan upacara adat ini. Anda yang berasal dari Jakarta Timur bisa menggunakan bus pariwisata. Harga bus pariwisata Jakarta Timur menuju ke wilayah Jawa Barat pun cukup terjangkau karena lokasinya yang tidak jauh.

Lokasi Pelaksanaan Upacara Seren Taun

Upacara Seren Taun khas masyarakat Sunda ini masih aktif dilakukan di beberapa wilayah Jawa barat, seperti Tasikmalaya, Bogor, Kuningan, dan Sukabumi. Kegiatan tersebut masih dilakukan di beberapa desa wilayah kota/kabupaten tersebut. Perlu diketahui bahwa pelaksanaan Upacara Seren Taun di setiap desa terkadang ada sedikit perbedaan. Tentunya hal tersebut karena pengaruh kearifan lokal masyarakat setempatnya, namun semuanya masih menggunakan nama yang sama dan tujuan yang sama.

Baca juga: Menikmati Liburan di Tengah Keseruan Festival Budaya Tahunan Sekaten di Yogyakarta

Pelaksanaan Upacara Seren Taun

Proses adat dimulai dengan pengambila air suci yang berasal dari tujuh mata air suci. Kemudian air tersebut diletakkan dalam satu wadah dan didoakan. Kemudian setiap orang yang ada di sana diciprati dengan air tersebut. Kemudian proses selanjutnya adalah sedekah kue. Warga akan berebut kue di dongdang atau tampah untuk bisa mendapatkan berkah dari kue-kue tersebut. Kemudian kegiatan selanjutnya adalah penyembelihan kerbau dan kegiatan malam harinya adalah pentas wayang golek. Puncak upacara adat ini adalah kegiatan ngajayak, dilanjutkan dengan tiga acara kolosal, dan diakhiri dengan doa-doa oleh tokoh-tokoh adat.

Pada kegiatan upacara Seren Taun ini juga dilakukan berbagai ritual adat dan pertunjukan kesenian yang dilaksanakan mulai tanggal 18 rayagung. Jangan khawatir dengan harga sewa bus pariwisata Jakarta jika Anda berasal dari sana, karena walaupun harganya cukup tinggi namun sebanding dengan apa yang akan Anda lihat dalam upacara tersebut.

Please Share