Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Update SEO Terbaru 2020: Rank Brain

SEO (search engine optimization) merupakan proses optimasi yang menjadi penentu utama apakah sebuah website tersebut mampu mencapai traffic yang tinggi atau tidak di mesin telusur. Traffic yang tinggi pada sebuah website akan menentukan tingkat penjualan produk dan layanan website tersebut. Tidak heran jika dewasa ini banyak sekali SEO agency yang menyediakan jasa untuk mengoptimasi website.

SEO sendiri seiring berjalannya waktu dan berkembangnya sistem pasar, banyak mengalami perubahan dari mulai sistem hingga ketentuan yang berlaku. Penyedia jasa SEO atau pemilik website tentu harus selalu update akan sistem-sistem SEO terbaru, khususnya di tahun 2020 ini. Salah satu komponen SEO yang terhitung baru dan cukup besar pengaruhnya adalah Rank Brain.

Apa itu Rank Brain?

Algoritma rank brain mulai digunakan oleh Google pada tahun 2016. Algoritma rank brain ini selalu mengalami perkembangan karena menggunakan AI (artificial intelegent). Sederhananya, rank brain merupakan sebuah alat yang digunakan oleh Google untuk menentukan apakah sebuah link layak di-up sampai di posisi pertama dan halaman pertama atau tidak. Fungsi rank brain sangat berkaitan erat dengan optimasi SEO, oleh karenanya jasa seo profesional mau tidak mau harus mampu memahami hal ini.

Menurut pernyataan Google pada tahun 2019 kepada Twitter, rank brain merupakan sebuah sistem berbasis AI yang diciptakan untuk memahami dan menampilkan sebuah pencarian agar berkaitan dengan konsep tertentu. Dengan kata lain walaupun pengunjung tidak menggunakan keyword yang tepat, Google dapat memperkirakan apa yang seharusnya ditampilkan atau dapat memperkirakan apa yang pengunjung butuhkan.

Misalnya, ketika pengunjung mengetikkan “kenapa perut terasa mual” di mesin telusur, hasil yang akan muncul adalah “efek dari penyakit maag” dan lain sebagainya. Jadi walaupun keyword yang dicari tidak muncul, tapi keduanya yaitu antara apa yang dimasukkan ke dalam mesin telusur dan hasil yang disajikan memiliki konsep yang sama.

Cara Menghadapi Algoritma Rank Brain

Konsep rank brain memang menjadi tantangan sendiri bagi para penggelut SEO seperti SEO agency, namun walaupun seperti itu tetap ada solusi yang dapat dilakukan untuk menghadapinya:

1. Hindari long tail keyword

Sebelumnya, SEO bisa diakali dengan menggunakan keyword yang panjang pada konten. Hal ini dikarenakan jumlah saingan dan jumlah pencariannya lebih sedikit. Long tail kyeyword memang lebih mengandalkan pada kuantitas keyword.

Namun, saat ini menurut pakar SEO long tail keyword sudah tidak relevan lagi mengingat ketidakmampuan Google dalam membaca dan membedakan keyword. Oleh karena itu, solusi yang tepat digunakan saat ini adalah menggunakan medium keyword.

2. Menggunakan medium tail keyword

Dengan adanya sistem rank brain ini, pilihan yang paling tepat adalah menggunakan medium tail keyword, yaitu yang kata kuncinya terdiri dari satu sampai empat kata saja. Dalam memilih medium tail keyword, jasa optimasi tidak dapat sembarangan. Pilihlah keyword yang jumlah pencariannya tinggi dan saingannya rendah.

3. Tempatkan keyword di tempat yang tepat

Keyword tidak dapat disimpan di sembarang tempat, dalam menghadapi algoritma rank brain ini, ada beberapa tempat yang tepat untuk keyword, yaitu:

  • Menempatkan medium tail keyword pada URL
  • Menempatkan medium tail keyword pada H1/H2
  • Menempatkan long tail keyword pada H3

 

Itulah update SEO 2020 khususnya mengenai rank brain. Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembangnya sistem yang ada pada mesin telusur, SEO agency juga harus selalu siap untuk mempelajari dan memperbarui cara optimasi agar tetap menghasilkan traffic yang tinggi.

Please Share