Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Apa Itu SEO Website, Jenis-Jenisnya dan Bagaimana Teknik Optimasinya?

Apa Itu SEO Website

Salah satu tantangan besar yang akan dihadapi oleh para blogger atau online marketing media adalah menghasilkan konten yang unggul. Meskipun demikian, Anda tidak bisa sembarangan dalam menyajikan sebuah konten dalam website. Banyak sekali aturan dan kondisi terkait dunia internet yang tidak boleh diabaikan. Salah satunya adalah perihal apa itu SEO website.

 

Apa Itu SEO website?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Singkatan ini mempunyai arti sebagai proses atau cara yang dilakukan oleh seseorang untuk meningkatkan efisiensi konten pada mesin pencari. Atau singkatnya, definsi dari apa itu SEO website ini merupakan cara untuk mengoptimalkan potensi konten Anda di pencarian Google.

Ketika Anda mencari sesuatu di Google, maka akan ada halaman paling atas pencarian. Biasanya, halaman tersebut adalah konten atau website yang dianggap oleh Google sebagai jawaban terbaik untuk si Pencari. Meskipun demikian, hal ini pun erat kaitannya dengan algoritma yang dipakai oleh Google pada saat itu. Mengapa saat itu? Sebab, algoritma tersebut akan terus mengalami pembaharuan.

 

Lalu, apa itu algoritma Google?

Apa itu SEO website dan pengertian algoritma Google sangat berkaitan. Di mana algoritma Google ini merupakan sebuah rancangan perhitungan yang mempunyai struktur setiap tahap demi tahapnya untuk  untuk melakukan pengecekan terhadap masing-masing web pada semua halaman website. Singkatnya, algoritma Google ini merupakan sebuah metode perhitungan yang dilakukan oleh Google.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mengetahui Apakah Jasa Pembuatan Website Profesional

Secara teknis, ada dua hal yang dilakukan untuk pengecekan yaitu; relevansi dan authority. Relevansi merupakan keterkaitan topik yang dicari oleh pengguna dengan konten yang ada di website Anda, namun ditentukan juga dengan faktor seberapa sering konten tersebut memuat kata-kata yang berkaitan tersebut; keywords. Sementara untuk authority, Google akan mengukur otoritas halaman web, misalnya dari seberapa banyak link yang ditautkan, hingga seberapa kredibelkan tautan tersebut.

 

Jenis-Jenis SEO dan Bagaimana Tekniknya?

Pada dasarnya, definisi SEO website ini merupakan sebuah teknik, misteri, bahkan hingga pembelajaran yang banyak dicari masyarakat. Khususnya bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia website dan kerapkali dijadikan sebagai “senjata andalan” dalam meningkatkan kualitas website yang dimilikinya. Namun, ada dua kategori atau jenis SEO, di antaranya:

  • SEO On-Page

Seperti penamaannya, SEO on-page ini merupakan teknik optimasi yang dilakukan untuk mengoptimalkan website yang dimiliki dengan proses di dalam situs web sendiri. Sehingga, teknik ini murni dikembangkan oleh pemilik website.

Dalam cara mengoptimasinya, perlu dilakukan beberapa hal. Beberapnya seperti pastikan bahwa situs web Anda sudah memiliki lama policy privacy misalnya Disclosure atau Terms of Service serta laman kontak untuk menambah penilaian kredibilitas website Anda oleh Google.  Tak hanya itu, Anda juga perlu melakukan pemahaman stuktur dan kategori website. Hal ini berpengaruh untuk penyisipan tautan beserta link eksternal yang bisa memacu optimasi situs page 1 google.

  • SEO Off-Page

Selain SEO on-page ada juga SEO off-page, dari segi pengertian, tentu SEO off-page adalah kebalikan dari on-page SEO. Dimana dalam melakukan optimasi, dilakukan teknik yang memang pemberlakuannya di luar website Anda. Biasanya teknik atau proses yang paling sering dilakukan adalah dengan membuat inbound links (backlinks) yang asalnya dari luar situs web Anda.

Meskipun demikian, backlinks ini harus dibuat natural dan mementingkan pengalaman pengguna mesin pencari. Penggunaan backlinks pun demi meningkatkan kredibilitas website Anda dan meningkatkan jumlah traffic atau pengunjung web.

Pada dasarnya,  pengertian SEO website dan memehaminya secara sistematis sangatlah penting untuk mengoptimalkan website Anda. Jika website sudah teroptimalkan, tentu jumlah pengunjung pun akan semakin banyak. Hal itu pun bisa berpengaruh pada kepopuleran situs Anda, terlebih jika website digunakan untuk bisnis, bukan hal tidak mungkin SEO bisa membantu marketing produk yang lebih baik.

Please Share