Jasa SEO Murah

Address :
Jl. Cempaka Baru VII
Jakarta Pusat, Indonesia
Phone : 0821 1010 9439 (Call/SMS)

Blog / News

// Jasa Pembuatan Toko Online, Website dan Jasa SEO Murah

Arti Simbol Dilarang Merokok yang Mulai Dilupakan

Mungkin anda sudah bosan melihat banyaknya simbol yang mengisyaratkan larangan untuk tidak merokok. Peringatan seperti itu memang sering kali dijumpai di tempat-tempat umum seperti rumah sakit, restoran, hingga pusat perbelanjaan. Namun, tetap saja jumlah perokok semakin bertambah dan semakin sering pula kita temui di tempat-tempat tersebut. Memang mengherankan melihat banyak orang dengan santainya menghisap sebatang rokok sementara di tempat itu sudah terpampang dengan jelas larangan merokok. Apakah mereka benar-benar tidak memahami arti simbol dilarang merokok? Atau mereka memang sengaja mengabaikannya?

Larangan merokok sebenarnya tidak serta merta dibuat hanya untuk mengurangi banyaknya jumlah perokok yang ada di Indonesia. Tetapi, justru karena banyaknya bahaya yang timbul dan sangat berpotensi mengganggu kesehatan. Tidak hanya merugikan si perokok itu sendiri, tetapi asap yang dikeluarkan perokok tersebut juga dapat merugikan kesehatan orang lain yang menghisapnya.

Saat ini Indonesia menjadi negara yang paling ramah rokok se-asia tenggara. Meskipun pemerintah sendiri telah menetapkan berbagai aturan mengenai Kawasan Tanpa Rokok (KTR), jumlah perokok dirasakan semakin bertambah setiap harinya. Salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengurangi dampak dari kebiasaan merokok dan jumlah perokok adalah dengan membuat peringatan dan simbol-simbol larangan merokok terutama di tempat-tempat umum. Namun, rasanya cara seperti ini tidak efektif karena masih banyak saja orang yang cuek merokok di tempat umum.

Arti Simbol Dilarang Merokok yang Mulai Dilupakan

Seberapa paham masyarakat dengan arti simbol dilarang merokok?

Melihat banyaknya orang yang santai merokok di tempat-tempat tersebut sering kali timbul pertanyaan apa benar sebagian besar masyarakat Indonesia tidak memahami arti simbol dilarang merokok.

Peringatan untuk tidak merokok sering kali kita temui dengan simbol yang bergambar sebatang rokok di dalam lingkaran yang dicoret dengan garis bewarna merah. Sebenarnya, tak ada yang sulit dalam menangkap pesan yang disampaikan simbol tersebut. Cukup melihat gambar sebatang rokok yang dicoret, sudah pasti pesannya adalah dilarang merokok. Sama saja seperti rambu lalu lintas, ketika ada simbol huruf P dengan garis coretan merah, berarti dilarang ‘Parkir’. Warna merah memang sering digunakan sebagai simbol untuk mengisyaratkan larangan. Dari aspek psikologi, warna merah dipercaya dapat membangkitkan emosi, gairah, dan mengharapkan suatu aksi bagi siapapun yang melihatnya. Maka, sangat sulit untuk memberi kesimpulan bahwa masyarakat sama sekali tidak mengetahui arti simbol dilarang merokok.

Artikel menarik lainnya: Bisa Dicoba, Cara untuk Berhenti Merokok

Semuanya memang kembali lagi pada kesadaran dari masing-masing individu. Saat ini memang sudah banyak dilakukan kampanye dan sosialisasi mengenai bahaya merokok. Namun, kebiasaan merokok akan sulit dilakukan jika tidak ada kesadaran bahwa merokok tidak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain. Orang yang merokok di tempat umum adalah orang yang egois. Mereka hanya memikirkan kesenangan dirinya saja, tetapi bahayanya disebarkan ke orang lain. Bagi orang yang hanya menghisap asap rokok atau juga dikenal dengan sebutan perokok pasif beresiko terkena penyakit kanker paru-paru. Asap rokok yang terhisap oleh perokok pasif akan merusak sel paru-paru kemudian dapat berubah menjadi sel kanker.

Setidaknya, 20% dari jumlah kematian disebabkan oleh penyakit jantung yang disebabkan dari kebiasaan merokok. Selain itu, berbagai kandungan zat kimia yang terdapat pada rokok seperti benzene, nikotin, tar, dan karbon monoksida mampu menyebabkan kanker. Ketika perokok mulai menghisap sebatang rokoknya, zat-zat kimia tersebut akan masuk ke dalam tubuh dan mengikat oksigen. Hingga akhirnya dapat mempercepat detak jantung, menaikan tekanan darah, dan memungkinkan terjadinya penggumpalan darah yang berakibat pada timbulnya serangan jantung. Merokok sama dengan menimbun racun di dalam tubuh.

Setelah mengetahui tentang arti simbol dilarang merokok dan penjelasan mengenai larangan tersebut, apakah anda masih berminat untuk merokok?

Please Share